Lembaga Studi untuk Kajian Nasional dan Demokrasi atau Institute for National and Democracy Studies disingkat INDIES didirikan pada tanggal 17 Februari 2006 yang difasilitasi oleh akademisi, praktisi, dan aktivis sosial yang bekerja pada isu demokrasi dan kedaulatan rakyat.

Proses berdirinya didasari oleh gagasan tentang pentingnya paradigma baru pembangunan (New Paradigm of Development) di berbagai sektor yang menghormati, melidungi, dan memenuhi hak-hak rakyat. Dengan sistem pembangunan yang tepat, maka kondisi masyarakat Indonesia akan lebih lebih sejahtera. Sistem demokrasi saat ini semestinya menjadi dasar untuk mendorong demokratisasi dan penguatan kedaulatan rakyat dalam pembangunan Indonesia seutuhnya. Demokrasi tidak bisa hanya dimaknai sebagai teknis formal atau prosedural penyampaian aspirasi rakyat semata, namun makna terpenting adalah sebagai jalan untuk memastikan keadilan dalam pembangunan.

Sejak didirikan, INDIES aktif bekerja bersama komunitas, organisasi rakyat di berbagai sektor, LSM/NGO, akademisi, praktisi profesional dan berbagai pihak yang memiliki kepedulian dengan isu-isu demokrasi dan kedaulatan rakyat dalam pembangunan. Aktivitas INDIES mencakup; Penelitian dan Kajian, Publikasi, Edukasi, serta Kampanye dan Pengembangan Jaringan Nasional dan Internasional.

Visi:

Menguatnya Demokratisasi dan Kedaulatan Rakyat Indonesia Melalui Implementasi Paradigma Baru Pembangunan Berkeadilan

Misi:

Mempromosikan Paradigma Baru Pembangunan Melalui Penelitian dan Kajian, Publikasi, Edukasi, Kampanye dan Pengembangan Jaringan Dalam Rangka Penguatan Demokratisasi dan Kedaulatan Rakyat di Indonesia

Tujuan INDIES:

  1. Melakukan penelitian dan kajian sebagai sarana pengembangan paradigma baru pembangunan yang objektif, ilmiah, dan akuntabel
  2. Meningkatkan kesadaran politik masyarakat melalui edukasi dalam rangka penguatan demokratisasi dan kedaulatan rakyat di Indonesia
  3. Menggalang dukungan publik melalui publikasi, kampanye dan pengembangan jaringan nasional dan internasional
  4. Mendorong lahirnya kebijakan baru dan atau perubahan kebijakan pembangunan baik di tingkat lokal, nasional dan internasional yang mengutamakan demokratisasi dan kedaulatan rakyat.

Isu Perhatian INDIES

INDIES mengembangkan kegiatannya pada isu pembangunan di berbagai sektor, yakni:

  • Sistem Perburuhan dan Pembangunan Industri Nasional (Labour System and Establishment of National Industry)
  • Migrasi Pekerja dan Perdagangan Manusia (Labour Migration and Human Tarfficking);
  • Reforma Agraria Sejati (Genuine Agrarian Reform) dan Kedaulatan Pangan (Food Sovereignty)
  • Pembangunan Berkeadilan (Development Justice)

Kegiatan Utama INDIES

Penelitian dan kajian

INDIES melaksanakan penelitian dan kajian ilmiah berdasarkan isu strategis yang telah dirumuskan. Jenis penelitian dapat berupa penelitian kuantitif dan kualitatif dengan memadukan beberapa metodologi; Kajian pustaka (literatur dan dokumentasi), Tinjauan Lapangan (penelusuran fakta), Wawancara Mendalam (In-depth Interview), Diskusi Kelompok Terbatas (FGD), Survei dan Polling. Pengembangan metodologi dan teknik penelitian berdasarkan kebutuhan menjawab masalah-masalah yang dikemukakan dalam penelitian.

Pelaksanaan penelitian oleh tim peneliti yang ditetapkan oleh INDIES dan dapat terdiri dari: Supervisor, Peneliti Utama, dan Asisten Peneliti dari berbagai keilmuan dan keterampilan yang relevan. Hasil penelitian diharapkan mampu mengungkapkan fakta dan menghasilkan simpulan objektif, serta rekomendasi strategis sebagai dasar pengembangan konsep dan gagasan untuk perubahan kebijakan ataupun perencanaan pembangunan di berbagai sektor.

Publikasi

Produk publikasi INDIES berupa Buku, Jurnal, Artikel, Kertas Posisi, Kertas Kebijakan, Makalah, Info Grafis dan berbagai produk publikasi kreatif lainnya. Materi publikasi INDIES dapat bersumber dari hasil penelitian dan kajian.  Diseminasi produk publikasi melalui dialog publik, seminar, diskusi kelompok terbatas (FGD), penyampaian ke komunitas dan lembaga jaringan, hingga publikasi melalui media massa (cetak, elektronik, dan online).

Produk publikasi INDIES diharapakan dapat menjadi bahan edukasi dan sarana berbagi pengetahuan bagi komunitas (publik), lembaga jaringan di nasional, regional, dan internasional. Selain itu, diharapkan dapat menjadi masukan strategis bagi pemangku kebijakan di Indonesia untuk mendorong prinsp-prinsip demokratisasi dan kedaulatan rakyat terintegrasi dalam Rencana, Program, dan Kebijakan pembangunan.

Edukasi

INDIES melaksanakan edukasi baik untuk kalangan internal dan eksternal. Edukasi internal berfokus pada upaya pengembangan kapasitas dan keterampilan pengurus dan anggota INDIES agar semakin kredibel, kompeten, dan profesional. Edukasi eksternal berfokus pada upaya berbagi pengetahuan, peningkatan kesdaran politik, dan intervensi kebijakan dengan menyasar pemangku kebijakan, dan masyarakat sebagai stakeholder utama. Proses edukasi dapat melibatkan kerjasama secara terbuka dengan lembaga mitra dan jaringan, dan pemangku kebijakan yang relevan dengan tetap mengacu kepada prinsip independensi lembaga dan demokratis.

Beberapa bentuk sarana edukasi yang dilaksanakan INDIES, yakni: Diskusi Komunitas (sektoral), Dialog Publik, Bedah Kasus, Dialog Kebijakan, Seminar, Pelatihan, Workshop, Lokakarya, dan FGD (Diksusi Kelompok Terbatas).

Kampanye dan pengembangan jaringan

INDIES mengembangkan kerja kampanye dan jaringan berdasarkan isu strategis yang telah dirumuskan. INDIES aktif melakukan kampanye dan pengembangan jaringan baik di tingkat lokal, nasional, regional, dan internasional. Tujuan dari kampanye INDIES adalah untuk mendorong kesadaran publik (public awareness), menggalang dukungan publik (gathering public support), dan perubahan kebijakan (Policy Changes) dalam skala nasional, regional, dan internasional.

INDIES aktif dalam mendukung kampanye massa (mass mobilization). INDIES mengembangkan bentuk kampanye yang sekaligus menjadi sarana edukasi seperti; Diskusi Komunitas (sektoral), Dialog Publik, Bedah Kasus, Dialog Kebijakan, Seminar, Workshop, Lokakarya, dan FGD (Diksusi Kelompok Terbatas). Selain itu, kampanye melalui media massa dan media sosial (online) juga dikembangkan sebagai upaya menjangkau publik lebih luas.

Dalam memajukan kerja kampanye di nasional, INDIES menggalang kerjsama dan aliansi terbuka dengan organisasi masyarakat sipil (pelibatan komunitas), NGO, lembaga profesional (praktisi dan akademisi), serta simpatisan INDIES. Dalam skala regional dan internasional, INDIES memajukan kampanye bersama (join campaign), dan intervensi kebijakan (policy intervention) di tingkat regional dan internasional.

Badan Pengarah INDIES 2016 – 2020
Ketua : Erpan Faryadi
Anggota: Eni Lestari Andayani Adi

Pengurus Harian INDIES 2016 – 2020
Direktur : Kurniawan Sabar
Departemen Keuangan dan Administarsi : Triana Kurnia Wardani (Manager)
Departemen Riset dan Publikasi : Catur Widi Asmoro (Manager)
Unit Majemen media : Symphati Dimas (Staf)
Unit Desain dan Layout : Ahsan Setiawan (Staf)

Sekretariat      :  Jl. Poltangan II No. 42A, Kelurahan Pejaten Timur, Kecamatan Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Indonesia, 12510
Mobile : +62-8124-1481-868
Email : indies4indonesia@gmail.com
Fanspage : Indies Indonesia @Indies1institute

Nama Pemegang Rekening : Lembaga Studi Untuk Kajian Nasional dan Demokrasi

Nomor Rekening : 0176891868
Nama Bank : BNI 46 Kantor Cabang Mampang – Jakarta Selatan
Alamat  : Jl. Mampang Prapatan No.39. Jakarta Selatan,
DKI Jakarta, 12790, Telp. (021) 2700946 / (021) 7941303
Swift Code : BNINIDJA

INDIES berkedudukan di Jakarta, Indonesia dengan Akta Notaris Nomor 03 tanggal 31 Mei 2006, Notaris Ida Noerfatmah, S.H. Terdaftar pada Departemen Dalam Negeri Republik Indonesia, Direktorat Jenderal Kesatuan Bangsa dan Politik dengan Surat Keterangan Terdaftar Nomor: 206/D.III.3/VIII/2009.

Tahun 2017, Pekumpulan Lembaga Studi untuk Kajian Nasional dan Demokrasi atau Institute for National and Democracy Studies disingkat INDIES Berdasarkan Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusi Republik Indonesia Nomor AHU-0001908.AH.01.07.Tahun 2017.

Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) – Departemen Keuangan Republik Indonesia, Direktorat Jenderal Pajak – Tahun 2006

Nama                  : Lembaga Studi Untuk Kajian Nasional dan Demokrasi (INDIES)

NPWP                 : 02.527.379.8-014.000

Klasifikasi Lapangan Usaha (KLU): 91990 – Organisasi Sosial Kemasyrakatan