PIVOT ASIA, POROS MARITIM DUNIA DAN SIKAP RAKYAT ATAS KONFLIK LAUT CHINA SELATAN

Kurniawan Sabar, Institute for National and Democracy Studies (INDIES) - Makalah disampaikan pada International Conference on West Pacific Zone of Peace. COLAP. Universitas Mahasaraswati, Denpasar, Bali, 3 Agustus 2018

Kebijakan luar negeri AS, Poros Asia (Pivot Asia) memperlihatkan prioritas di kawasan Asia dan Pasifik. Dasarnya adalah potensi dan perkembangan kawasan yang sangat menjanjikan dan dan diharapkan menjadi penolong AS dalam mengatasi krisis. Pendekatan multidimensi dilakukan oleh AS untuk memastikan poros tersebut terbentuk, mulai dari pendekatan keamanan, kerjasama bilateral hingga multilateral.

Dibalik seluruh strategi ini, perlindungan terhadap kepentingan penguasaan ekonomi dan hegemoni di Asia Pasiifk menjadi tujuan utama dimana Laut China Selatan dan Laut China Timur adalah wilayah strategis koridor perdagangan dan poros ekonomi. Strategi ini juga sekaligus menekan bangkitnya rival-rival AS seperti DPRK, serta menguatnya peranan China dan mitranya dalam bidang ekonomi di kawasan Asia.

Baca Selengkapnya